Minggu, 11 April 2010

Cara Atasi Sengatan Duri Bulu Babi

Bulu babi merupakan hewan dari filum Echinodermata. Bulu babi mempunyai struktur tubuh dengan sistem vaskular air, kaki berbentuk pipa, dan kerangka luar yang ditutupi lapisan kulit tipis. Bulu babi adalah binatang berongga dan sebagian kecil rongganya ditempati oleh organ inernal.
Tubuh bulu babi dikelilingi duri yang tersusun secara radial dan beracun. Mulut bulu babi berada di bawah di bagian tengah tubuhnya dan tidak mempunyai otak. Lubang pengeluaran dan pori genitalnya berada di bagian atas tubuhnya. Bulu babi berkembangbiak secara fertilisasi eksternal. Bulu babi merupakan binatang invertebrata berkulit keras yang nokturnal dan bergerak lambat.

Bulu babi yang ditakuti oleh penyelam, hidup di terumbu karang yang kondisinya bagus, air laut yang tercemar, atau perairan yang dangkal. Bagian tubuh yang sering tertusuk oleh bulu babi adalah kaki atau tangan. Bulu babi yang tertancap di bagian tubuh sulit untuk dicabut karena sangat rapuh. Penanggulangannya ialah dengan menumbuk bagian ynag tertusuk tersebut agar duri bulu babi yang tertancap hancur dan larut dalam darah. Penanggulangan yang lain adalah menggunakan air seni. Air seni mengandung amonia yang dapat menetralkan racun yang terdapat pada duri bulu babi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar