Kamis, 08 April 2010

Apa Itu Neisseria?

Apakah kalian mengenal Neisseria? Nama unik ini ternyata nama genus bakteri yang menjadi musuhnya manusia. Kedua spesies dari genus tersebut sama berbahayanya, sama-sama punya daya infeksi yang luar biasa. Untuk lebih mengenal kedua jenis bakteri tersebut, simaklah pembahasan berikut. 
Neisseria gonorrhoeae
Bakteri ini hidup di tempat hangat dan lembab di dalam tubuh seperti serviks (leher rahim), uretra, mulut, atau rektum. Infeksinya menyebabkan gonorrhea (kencing nanah) dengan gejala umum yaitu rasa sakit dan sensasi terbakar ketika buang air kecil, serta rasa gatal pada kemaluan. Selanjutnya, infeksi N.gonorrhea menyebabkan demam, pembengkakan testis atau prostat pada pria, kehamilan diluar rahim, dan peradangan pelvis. Pada kondisi yang lebih ekstrim dapat mempengaruhi jaringan ikat, jantung, dan otak. Resiko infeksi bakteri ini meningkat pada remaja dengan pergaulan brebas dan homoseksual.
Neissseria meningitis

Penetrasi bakteri ini ke dalam tubuh menyebabkan infeksi serius pada cairan otak, sumsum tulang belakang, dan radang selaput otak (meninges) yang disebut meningitis. Penularannya karena terjadi kontak langsung dengan saluran pernafasan individu yang terinfeksi. Gejalanya meliputi demam tinggi, sakit kepala dan kekakuan leher. Selain itu penderitantya sering mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya. Meningitis juga dapat terjadi pada bayi sehingga menjadi inaktif, penurunan kepekaan terhadap rangsangan, muntah, dan sulit makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar