Kamis, 29 April 2010

Benarkah Ukuran Otak Mempengaruhi Tingkat Kecerdasan?

Otak manusia tersusun paling tidak 100 miliar neuron, suatu angka yang sangat spektakuler. Tiap-tiap neuron berkomunikasi dengan riabuan neuron lain sehingga terbentuk suatu jaringan dan kontrol yang amat kompleks. Otak merupakan bagian yang terbesar dan paling kompleks diantara seluruh sistem saraf.
Berat otak pada laki-laki kurang lebih 1360 gram, sedangkan pada perempuan kurang lebih 1250 gram. Berat otak bukanlah jaminan yang menunjukkan keadaan mental seseorang. Beberapa orang yang cerdas ternyata mempunyai otak yang beratnya kurang dari rata-rata orang normal. Seseorang yang mempunyai kepala kecil tetapi sel otaknya berkembang dengan baik bisa jadi orang tersebut memiliki kecerdasan jauh lebih baik daripada seseorang yang berkepala besar dan berotak berat.

Otak dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu otak depan, otak tengah dan otak belakang. Otak depan berkembang membentuk otak besar (cerebrum). Otak tengah berukuran kecil dan merupakan penghubung antara otak depan dan otak belakang.  Otak belakang terdiri atas otak kecil dan sumsum lanjutan.

Otak besar merupakan bagian otak yang terbesar dan terdiri atas dua belahan, yaitu kanan dan kiri. Belahan kanan mengendalikan bagian tubuh yang kiri sedangkan bagian yang kiri mengendalikan tubuh bagian kanan. Otak besar berfungsi mengendalikan semua kegiatan tubuh yang disadari misalnya berbicara, membaca, bergerak, berfikir dan melihat. Otak besar juga berfungsi sebagai pusat ingatan dan pengendalian kesadaran kita misalnya bergerak, mendengar, membau, dan lain-lain.

Otak tengah terbagi menjadi tiga bagian, yaitu otak tengah bagian depan, otak tengah bagian bawah, dan otak tengah bagian atas. Otak tengah bagian depan berfungsi mengatur impuls sensorik. Otak tengah bagian bawah berfungsi mengatur homeostatis suhu, selera makan, metabolisme lemak dan karbohidrat, tekanan darah serta tidur. Otak tengah bagian atas berfungsi dalam refleksi mata.




Sudah seharusnya kita syukuri atas karunia Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberi anugerah otak yang sedemikian sempurna. Meliaht kenyataan pentingnya peranan otak bagi tubuh dan kehidupan kita, marilah kita jaga kesehatan otak kita secara fisik dan moral, makan makanan yang cukup untuk meningkatkan perkembangan otak. Sudah sepantasnya kita juga harus menjaga otak kita dari pikiran-pikiran kotor dan nista.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar